Bahaya Air Liur Kucing

Sebagai pencinta kucing, Anda pasti tidak akan keberatan kalau Si Manis mendaratkan gigitan atau cakaran mesranya di tubuh Anda. Tapi tahukah Anda apa yang terkandung dalam air liur kucing kesayangan Anda itu? Di dalam air liur kucing terdapat bakteri Bartonella henselae. Bakteri ini merupakan bakteri yang cukup berbahaya bagi pencinta kucing karena pada tingkat lanjut dari infeksinya dapat menyebabkan kematian.

B. henselae menyebabkan penyakit yang disebut sebagai cat-scratch disease (CSD) atau penyakit cakaran kucing. Penyakit ini dapat menyerang manusia melalui gigitan, cakaran dan paparan air liur kucing. Bakteri B. henselae terdapat dalam air liur semua jenis kucing. Bakteri ini dibawa oleh kutu kucing. Keberadaan B. henselae dalam air liur kucing tidak menyebabkan kucing menjadi sakit. Hampir sebagian besar kucing membawa bakteri ini pada air liurnya. Anak kucing lebih rentan untuk terpapar bakteri ini daripada kucing dewasa.

B. henselae terdapat di seluruh belahan dunia. Pada negara-negara 4 musim, bakteri ini selalu muncul ketika musim dingin dan gugur. CSD tidak menular dari manusia ke manusia. CSD hanya ditularkan melalui cakaran atau gigitan kucing yang sebelumnya telah terpapar B. henselae. CSD juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan air liur kucing, terutama jika terdapat luka yang terbuka. Jika seseorang telah tertular CSD, maka orang tersebut biasanya akan menciptakan imun sehingga kebal terhadap serangan CSD berikutnya.

Umumnya CSD tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Setelah dicakar atau digigit kucing biasanya akan tampak luka atau bengkak pada bagian yang terkena cakaran atau gigitan. Luka atau bengkak tersebut dapat juga muncul dalam waktu 3-10 hari kemudian. Luka akan tampak merah, sakit dan bernanah. Jika keadaan ini tidak segera diobati, akan timbul komplikasi yang dapat menyebabkan kematian. Komplikasi akan semakin parah bila terjadi pada orang tua, anak-anak, penderita HIV dan diabetes.

Gejala
1. Demam.
2. Letih.
3. Sakit kepala.
4. Hilang selera makan.
5. Bengkak dan sakit yang tidak sembuh dalam waktu lama.


Golongan berisiko

1. Anak-anak.
2. Orang tua.
3. Penderita HIV.
4. Pengidap diabetes.
5. Orang yang sering membelai kucing.

Diagnosa dan perawatan
Ada tiga jenis uji untuk mendiagnosa CSD, yaitu:
1. Uji kulit.
2. Uji darah.
3. Uji B. henselae dengan menggunakan cairan atau jaringan dari kelenjar limfa yang bengkak.
Umumnya CSD bukanlah penyakit yang memerlukan perawatan khusus, tetapi bila terjadi pembengkakan kelenjar limfa dan terasa sangat sakit maka akan diperlukan antibiotik. Bila kelenjar limfa membengkak mengeluarkan nanah, maka diperlukan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah tersebut.

Komplikasi CSD
1. Bakteri B. henselae dapat menyebar sampai ke jaringan luar otak (meningitis) dan otak (encephalitis). Pada 3-5% orang yang terpapar B. henselae mengalami hal ini.
2. Radang pada retina mata.

Diperlukan perawatan jika:
1. Bekas cakaran atau gigitan tidak juga sembuh dalam waktu 2-3 minggu.
2. Daerah sekitar gigitan menjadi merah dan membengkak setelah 2 hari.
3. Demam berkepanjangan selama beberapa hari setelah dicakar atau digigit.
4. Kelenjar limfa yang membengkak dan sakit lebih dari dari 2-3 minggu.
5. Sakit pada daerah sendi atau tulang, sakit perut (muntah atau diare) tanpa disertai demam.
6. Merasa sangat letih lebih dari 2-3 minggu.

Pencegahan CSD
1. Membiasakan diri selalu mencuci tangan setiap kali memegang kucing.
2. Hati-hati ketika membelai kucing, jangan sampai kucing menjadi merasa terganggu hingga mencakar atau menggigit.
3. Mandikan kucing dengan teratur untuk mencegah kutu.
4. Jika ada kucing yang berkelahi sebaiknya tidak usah dilerai dengan tangan langsung untuk mecegah terkena cakaran atau gigitannya.

(Sumber: toleethong.multiply)

72 comments:

Anonymous said...

Artikel tentang Kucing/ Ada 2 versi yang berbeda / mana yang benar ? silahkan lihat di

http://devisperfect.wordpress.com/2009/12/01/air-liur-kucing-itu-suci/

Bagaimana nih!

Anonymous said...

kucing itu suci .... goblok amat yg buat klo air liur itu bahaya .... tolol

Anonymous said...

iya nih jadi bimbang mana yg bener ya?????

$cocoper6 said...

Ga juga kali, suci apa nya. D dlm tubuh kucing itu banyak terdapat cacing. Lebih parah drpd sapi atau kambing yg biasa kita makan. Justru lbh suci ayam, kita bisa makan. Kucing kn suci krn ga boleh diapa-apakan dan karena binatang yg kebetulan dicintai Nabi. Cb sj kalau Nabi suka hewan lain, kucing tak seistimewa itu. Kucing sm seperti hewan lain yg layak disayang, itu saja.
Mengenai bakteri itu ad dsetiap hewan, tinggal gmn menyikapinya. Jgn terlalu bodoh dong. Hny krn suci bebas penyakit gitu? Anda yg tolol mungkin.

Anonymous said...

Sok tau loh ... yg diajarkan rasul itu benar tidak ada yg salah ... air liur kucing itu suci ... yg bikin artikel diatas org gak punya agama mungkin ...

kurnia259 said...

aku pernah di gigit kucing,sampe brlubang ,
sakit emang .
tapi tidak apa , aku cman bersihin lukaku ,trus aku kasih obat merah ama pembalut luka .7 minggu langsung smbuh kok. ya emang sih bekas gigitanya masih ada

Anonymous said...

kucing itu mahkluk yg suci bahkan rasulullah sayang sekali dengan binatang satu ini, sayang nya dari kita yang berpandangan negatif seputar binatang ini, ada yang mengatakan kucing dapat menyebabkan asma karena bulu-bulunya, ada juga yang bilang kucing terinfeksi toxoplasma.

Padahal kalau teliti lebih lanjut, toxoplasma itu adalah sejenis bakteri yang dapat hidup dibinatang apa saja. Catatan dalam penelitian ilmiah para peneliti, Anjing dan Babi adalah rekor terbanyak hewan yang mengandung penyakit ini. Tapi kenapa, justru kucinglah yang dijadikan kambing hitamnya?

Toxoplasma berasal dari infeksi parasit Toxoplasma Gondii. Adapun penularannya pada manusia melalui empat cara yaitu:

1. Secara tidak sengaja memakan makanan yang tercemari parasit ini. Misalnya kita makan sayuran yang tidak dicuci bersih dan ternyata parasit toxo telah mencemarinya.
2. Memakan daging sapi, kambing, babi, ayam, babi atau anjing yang mengandung parasit toxo yang tidak dimasak dengan sempurna (matang).
3. Infeksi melalui placenta bayi dalam kandungan.
4. Seorang ibu hamil yang terinfeksi toxoplasma bisa menularkan parasit ini pada janin yang dikandungnya, penularan ini disebut penularan secara congenital.
5. Melalui transfusi darah, transplantasi organ dari seorang donor yang kebetulan menderita toxoplasmosis.

Toxoplasma bisa menyerang perempuan maupun laki-laki. Sesungguhnya tak hanya kucing yang bisa terinfeksi parasit Toxoplasma, karena semua hewan berdarah panas (unggas dan mamalia) sebenarnya juga bisa terinfeksi sebagai induk semang perantaranya (Intermediate host).

Parasit dari intermediate host dapat menular hanya jika kita MENGKONSUMSINYA. Bedanya dengan kucing, Toxoplasma menyelesaikan keseluruhan siklus hidupnya di usus halus kucing, dan akan dikeluarkan bersamaan dengan feces atau kotorannya.

Mungkin karena alasan inilah maka kucing menjadi tersangka utama toxoplasma bagi sebagian kita. Sementara sapi, kambing, ayam, anjing dan hewan lainnya tidak, meski sama-sama punya “bibit” Toxoplasma di tubuhnya.

Anonymous said...

Air liur kucing menurut saya tdk berbahaya.. saya memilliki lebih dari 10 kucing.. pernah di cakar digigit dan alhamdulillah saya sehat. Saya juga bisa hamil.. sebenarnya yang membuat kita terkena penyakit adalah pola hidup kita yang tidak sehat. Udah tau di gigit.. harusnya cuci tangan, jaga lingkungan sekitar agar bersih dan jangan jorok. Udh tau pelihara binatang, yah binatangnya harus di rawat dengan baik, diberi makanan yang baik dan ke dokter. Segala sesuatu binatang apapun mau kucing,burung,anjing, bs saja menularkan penyakit.. "tidak hanya binatang lho". Manusia juga klo jorok bisa menularkan penyakit dan rentan terkena penyakit.

Anonymous said...

Blognya namanya cat lover kan? Artinya pecinta kucing kan? Bukan malah jadiin orang takut sm kucing seharusnya.

Muhammad Rizal Saputra said...

sdh lbh 10 tahun sy mmelihara kucing dan bhkan Tdur brsama dan sy selalu mnggendongnya tp toh tdk ada gejala skit atau apapun...
Ckckck
Btul2 yg repost ini penipu... ╰(◣﹏◢)╯

My Bravo said...

Pelihara binatang kucing itu jorok, menjijikkan, kotoran dan kencingnya dimana mana, sumber virus, belum lagi kalau muntah dan musim kawin...haddoooh, siram air aja biar pergi.

Anonymous said...

Kucing termasuk binatang yang suci. Suci badannya dan suci liurnya.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits bahwa ada seorang budak wanita yang mengantarkan makanan untuk Aisyah ra, tapi ketika itu beliau sedang shalat.

Kemudian budak ini meletakkan makanannya. Tiba-tiba datang seekor kucing dan memakan makanan itu.

Setelah Aisyah ra selesai, beliau memakan bekas gigitan kucing. Kemudian Aisyah ra menceritakan bahwa Nabi SAW bersabda, “Kucing itu tidak najis, karena mereka termasuk binatang yang sering berkeliaran di tengah-tengah kalian.”

Aisyah menambahkan, “Aku pernah melihat Nabi SAW berwudhu dari sisa air yang diminum kucing,” (HR. Abu Daud 76 dan disahihkan Al-Albani).

Hadits ini menunjukkan bahwa kucing adalah binatang yang suci, dan air liurnya juga suci. Abu Yusuf, Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad berpendapat bahwa kucing suci badannya dan air liurnya tanpa makruh.

Sementara kencingnya dan kotorannya, mayoritas ulama berpendapat statusnya najis.

Anonymous said...

hahaha artikel mana yang menyebutkan orang yang kena gigitan kucing terus terinfeksi bakteri yang disebutkan diatas sampe meninggal? ada sumbernya?
jujur sejujurnya2, w baru kali ini nemu artikel kaya gini, jadi kebenarannya masih meragukan, seandainya ada pun pastiii peluang terjadinya sangat sangat jarangkan? karena sangat minimnya orang yang share tentang hal ini. kok bisa ya si penulis menyebutkan bisa menyebabkan kematian? pada hal peluang terkena bakteri ini aja sangat2 jarang, apa lagi peluang menyebabkan kematian?.
w udah pernah dijilatin kucing, di gigit kucing, di cakar kucing. Toh fine2 aja cuma luka lecet dikit.
apa penulisan artikel ini ga menimbulkan kesan ingin merusak kepercayaan umat islam yang percaya bahwa air liur kucing itu suci?

Think before posting !!!!

iDe Ide FaIR said...

Yang mengepostkan ~SESAT~

Unknown said...

Allah yang tntukan idup dan mati :D

galih said...

dasar sesat nih mohon jangan percaya..banyak hadits kalo kucing itu suci.dan peliharaan Nabi Muhammad yg sangat di cintainya...
web penipu mending report bersama sama

Anonymous said...

goblok ini asal comot aja tulisan, sumber aja ga jelas, TOLOL

Unknown said...

malahan air liur kucing itu anti bakteri loh

Unknown said...

Setauku juga gitu menurut artikel yang sblumnua aq baca air liur kucing itu anti bakteri...

Unknown said...

Kalo air liurnya mematikan, itu Dokter hewan dan apalagi para asistennya yg sering kena gigit saat megangin kucing yg hendak di injek n vaksin apa kabarnya ya? :D emangnya kucing komodo...

Anonymous said...

Ya sudah kalo emang yakin liur kucing suci. Bahkan juga diminum sama muhammad. Ya sudah. Yakinin aja lah keyakinan kalian. Lagipula ada yang bilang bahwa apa yang dikatakan rasul pasti bener. Ya udah. Oh ya saya punya ide nih kucing rumah kan kecil aer liur sucinya juga dikit.... hemmm berarti air liur suci paling banyak ada di singa sama harimau kali ya hahahahaha. Kebanyakan orang goblok nih yang komen. Saya juga goblok wkwkwkwk.

Anonymous said...

Liur kucing adalah racun bahkan untuk kulit kucing sendiri. Pembuktian liat aja kucing liar yang berantem. Lalu terluka. Sampai mati kucing itu akan borokan. Bandingkan dengan anjing aduan. Setelah terluka. Semua anjing akan pulih setelah menjilati tubuhnya. Mau tes coba kalo kalian mengesampingkan najis kalian coba paksa kucing kalian jilatin luka kalian apa jadinya? Oh kalo pernah ada yang coba dijilat kucing bekas lukanya dan sembuh komen ya. Nah kenapa saya bilang kesampingkan pikiran najis coba minta anjing sobat kalian jilati bekas jerawat atau bekas luka kalian. Sudah terbukti. Loh bekas jerawat saya jilang dan hanya tersisa bekas yang memang dalam. Dan luka bekas irisan botol pecah di telapak tangan saya dijilat anjing kesayangan saya yang najis juga sembuh tanpa obat merah atau suntik antibiotik. Saya bukti hidup atas keajaiban binatang yang muhammad goblok anggap najis. Ahhh paling juga muhammad najis sama anjing gara gara pantatnya pernah digigit anjing waktu ngintip gadis remaja mandi wkwkwkwkwkwkwkwk

Anonymous said...

Om ku pernah rawat anjing & kucing, dua-duanya baik. Kebetulan sering digigit keduanya, cuma bengkak, lalu sembuh lagi. Ya kalo anjingnya kena rabies, masa iya digigit anjing ga akan apa-apa, kalo kucing kena rabies tetep aja kita harus waspada. Om ku jerawatan terus dijilat anjing, ko ga ngefek ya? Jerawatnya ga ilang. Kebetulan aja kali.. Memangnya ada bukti ilmiahnya ya? Oya satu lagi, tau darimana nabi muhammad ngintip remaja? Apa ada hadis nya atau kamu pernah ke masa lalu atau kamu baca artikel dari sumber ga yang jelas mengenai hal itu? Aku bukan islam, tapi juga ga suka kalo ada yg jelek-jelekin agama orang. sekedar ngasih tau aja ya.

Anonymous said...

Artikelnya aneh. Ga masuk di akal. Ini artikel kayak artikel ngarang2 sendiri. Akal2 banget ya! Klo ga suka kucing jangan buat artikel aneh kayak gini.

Dunia Permainan said...

Posting ini tidak benar. Dan tidak mempunyai sumber yg jelas...

Unknown said...

Kalo bukan cat lovers gak usah koment, kalo punya hewan di ajarin disiplin biar g jorok. klo yg pny jorok y otomatis kucing jadi sumber penyakit.

Unknown said...

kucing dan anjing sama sama disyang nabi coba baca kisah nabi dan anjing

Vanie Yo said...

kucing itu kayaknya suci deh klo sehat, gak tau klo keadaannya lagi sakit, makanya yg pelihara kucing harus bikin kucingnya sehat dan bebas penyakit.

Anonymous said...

perasaan di artikel2 luar negeri juga setuju kalo kucing itu bersih. kecuali kalo kucing lo ngidap "penyakit kucing gila" wkwkwk.

Anonymous said...

Komennya segelintir doang yg bermutu, bagi yg waras dan paham, silahkan baca sebagai hiburan (ngakak liat komen2nya). Pelihara ikan aja deh..., dan silahkan jilatin aja tuh kucing suci kalian... (nambah satu lagi komen yg ga bermutu)

Unknown said...

Banyak kali yg bilang gigitan kucing bahaya. Coba lo search google

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Kita gak ngejelekin agama lo,bagiku agamaku dan bagimu agamamu...di islam tu dah banyak sumbernya..dan anjing itu di islam najisnya paling besar dan jauh lebih besar dari kucing...so sumber agamamu ya sumber agamamu,sumber agamaku ya agamaku....jadi jangan beranggapan klo Islam ngejelekin agama lain!!

Anonymous said...

Wah sesat agama loe..
woe lu non muslim kan ..
kliatan koment kmu gk mnghrgai agma sbrang mu ...

Jgn bawa2 agama..
sudah tidak bermutu blognya .
Pke catlovers lagi...

Klo mau bawa2 agama saya tantangin kmu...

yati's blog said...

keluargaku pencinta kucing, bahkan anakku pecinta kucing sejati. karena putriku calon dokter hewan.........dia bercita-cita ingin punya banyak koleksi kucing.... kami sering digigit dan dicakar maksudnya sih bercanda, tp selama ini kami selalu obati dengan obat merah atau dicuci dengan air sumur dan sehat walafiat. karena kucing dirumah sdh kami anggap bagian dari keluarga, kadang kami makan dan tidur bareng dan aman. jadi menurut saya benar-benar sesat kalau air liur dan gigitan kucing bahaya dan mematikan. please deh........

komhum said...

Aww geri siput menggigitku :v , aku akan menjadi zombiee awkawkawk.. :v

Unknown said...

Gue dari SD sampe skrng gue udeh berkeluarga selalu pelihara kucing.. Dan kalian tau 2 tahun yg lalu gue sempet pelihara 12 kucing anggora mix persia.. Gue pegang gue usap tangan gue dijilat, pipi gue dijilat, bibir gue dicium dan gue tidur 1 kasur sama beberapa tuh kucing.. sampe sekarang alhamdulillah sehat2 aja dan saat ini kucing anggora gue tinggal 2 karena udah pada gue jual2 in kepada orang2 yg ingin sekali mempunyai kucing.. Ini gue serius.. Klw lu pada gak percaya sini lu pada kerumah gue..

Unknown said...

Gue dari SD sampe skrng gue udeh berkeluarga selalu pelihara kucing.. Dan kalian tau 2 tahun yg lalu gue sempet pelihara 12 kucing anggora mix persia.. Gue pegang gue usap tangan gue dijilat, pipi gue dijilat, bibir gue dicium dan gue tidur 1 kasur sama beberapa tuh kucing.. sampe sekarang alhamdulillah sehat2 aja dan saat ini kucing anggora gue tinggal 2 karena udah pada gue jual2 in kepada orang2 yg ingin sekali mempunyai kucing.. Ini gue serius.. Klw lu pada gak percaya sini lu pada kerumah gue..

Unknown said...

Cocoper , nabi menyayangi kucing bukan kebetulan. Lu harus belajar agama lagi, dan jgn so tau ! Kucing itu lebih bersih dari manusia. Kucing lebih bersih dari lu

Unknown said...

Kalo menurut gw si lebih najis lu dari pada kucing atau anjing atau babi.
Kenapa?

1. Karna lu manusia
2. Karna lu goblok+tolol.
3. Karna lu mirip anjing
4. Karna lu pengecut
5. karna lu nghina nabi muhammad.SAW

Kalo ketemu Anjing kyq gini? Hadeh ga habis pikir

Unknown said...

Wah Rasul saya kok kamu hina2?? Maksudnya apa dan salah apa??

Unknown said...

gak usah ribut...gak ada gunanya...agamamu agamamu,,agamaku agamaku,,,keyakinan berbeda tdk akan ketemu.!!!

Unknown said...

gak usah ribut...gak ada gunanya...agamamu agamamu,,agamaku agamaku,,,keyakinan berbeda tdk akan ketemu.!!!

Anonymous said...

Yg ngepost goblok sumber nya ga jelas. Yg koment idiot ngehina agama cuma gara2 ngomongin binatang. Klo beda pendapat yg menyangkut agama ya bawa keyakinan masing2 aja ga usah ribet. .

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Masih anak d bawah umur tu, d media, singa...
Jumpa langsung , tikus...
Penakut , tp menjijikkan dan jorok...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Gue punya kucing kaki depan yang kiri patah tulang karena digigit anjing. Awalnya kupikir bisa buntung ni kucing. Ternyata subhanallah, kulit yang tertembus tulang patah membusuk dan bernanah itu sembuh hanya karena si kucing rajin jilat

Unknown said...

Haha.... betull mass brooo....
Air liur kucing bersih... bahkan membersihkan...
Ni mah kaya nya bukan nebahas kucing dehh...
Tapi anjing tepat nya...

Unknown said...

Saya yakin artikel ini dibuat bukan untuk menjelekkan satu atau dua belah pihak dan pastinya tidak ada hubungannya dengan Agama manapun (karena di empunya blog tidak menuliskan mengenai agama apapun di dalam tulisan ini).

Inj tulisan mengenai permasalahan medis dan pasti didasari oleh penelitian medis atau melalui pengalaman kasus yg pernah terjadi sebelumnya.

Benar atau tidak, sy rasa bukan itu intinya tulisan ini dimuat.
Yg paling penting adalah berjaga-jaga, agar tidak ada satupun diantara kita yg tercakar atau tergigit oleh kucing.
Toh, kalaupun dicakar atau digigit rasanya pun pasti sudah cukup sakit... jd jangan malah tambah sakit (kalau memang tulisan ini benar) dengan melakukan segera melakukan pertolongan pertama setelah dicakar atau digigit kucing.

Kita lihat dari sisi positif berdasarkan informasi dan konteks pembahasannya saja.
Jadi jangan disangkutpautkan dengan hal2 lainnya, apalagi Agama... karena memang bukan itu konteks bahasan yg ingin diangkat di dalam tulisan ini.

Marilah sama2 bersikap dewasa dan bijaksana... karena apa yg orang lain rasakan belum tentu kita rasakan.
Siapa tau tulisan ini bisa memberikan sedikit informasi dan berguna untuk orang lain yg memang sedang mengalami kejadian tercakar atau tergigit kucing
😊☺

Unknown said...

Saya yakin artikel ini dibuat bukan untuk menjelekkan satu atau dua belah pihak dan pastinya tidak ada hubungannya dengan Agama manapun (karena di empunya blog tidak menuliskan mengenai agama apapun di dalam tulisan ini).

Inj tulisan mengenai permasalahan medis dan pasti didasari oleh penelitian medis atau melalui pengalaman kasus yg pernah terjadi sebelumnya.

Benar atau tidak, sy rasa bukan itu intinya tulisan ini dimuat.
Yg paling penting adalah berjaga-jaga, agar tidak ada satupun diantara kita yg tercakar atau tergigit oleh kucing.
Toh, kalaupun dicakar atau digigit rasanya pun pasti sudah cukup sakit... jd jangan malah tambah sakit (kalau memang tulisan ini benar) dengan melakukan segera melakukan pertolongan pertama setelah dicakar atau digigit kucing.

Kita lihat dari sisi positif berdasarkan informasi dan konteks pembahasannya saja.
Jadi jangan disangkutpautkan dengan hal2 lainnya, apalagi Agama... karena memang bukan itu konteks bahasan yg ingin diangkat di dalam tulisan ini.

Marilah sama2 bersikap dewasa dan bijaksana... karena apa yg orang lain rasakan belum tentu kita rasakan.
Siapa tau tulisan ini bisa memberikan sedikit informasi dan berguna untuk orang lain yg memang sedang mengalami kejadian tercakar atau tergigit kucing
😊☺

Unknown said...

Assalammualikum...
memang benar agamaku untukku agmamu untukmu. jadi yg menyikapinya menurut islam berarti itu untuk dipercaya yg islam saja. begitu juga sebaliknya. jadi jika beda agamanya jangan tersinggung ya...

kami tiba2 didatangin induk kucing membawa 5ekor anaknya yg masih merah dan blom kebuka matanya. karena kasihan dan karena bangga dipilih induk kucing liar dipercaya rumah kami sbg yg aman untuk bernaung anak2nya.

awalnya karena kasihan sekarang kami jadi cinta dan bonding yang kuat dg anak anak kucing ini. Bayangkan kalau pergi selalu pengen cepat pulang krna mereka.

itu dramanya. faktanya setiap hari ada cakaranya. setiap hari digigit. setiap hari di jilat di dagu, leher, pipi, hidung, mata (kelopak dan pinggirnya). ALhamdulillaah baik2 saja sampai skrg. Mau bukti bisa follow instagramnya @bandungcatlovers.

tapi perlu juga x ya berhati2 jika kucingnya menggigit karena rabies. tapi seumur hidup saya belum pernah lihat langsung/berita/kabar seperri apa kucing rabies itu. tapi kalau anjing sering.

diartikel diatas jg dibilang cakar/gigitanya berbhaya jika orgnya hiv, sakit gula perlu ditambah kl jorok x ya. karena org jorok aja luka kena kerikil trus infeksi bisa matikan. jadi keaimpulanya bkan kucingnya penyebabnya. tapi hiv, diabetes dan joroknya manusia itu.
wassallaam.

YOFICELL said...

Kasihan bgt yg bikin artikel ini..

YOFICELL said...

Kasihan bgt yg bikin artikel ini..

Unknown said...

Malah yang parah itu anjing menurut ku kenapa? Karna air liur nya smpe netes" gitu + klau ada anjing deket rumah gw juga gk tenang suara guk" nya itu wkwk
Sorry bukan bermaksut menjelekkan.

Anonymous said...

Yang bikin artikel di atas dapat pesan dari alm. Om kasino: "BEGO DIPIARA...... KAMBING DIPIARA BISA GEMUK"

DesyA said...

Aq udh pelihara kucing hampir 11 tahun
Digigit sayang+ dijilatin
Gaada efek nya tuh
Malahan lidah kucing tuh lebih steril
Bahkan kalo kita menggunakan air yg udh diminum kucing gpp bersih" aja
Yg bikin artikel ini sotau ��

Unknown said...

Postingan ga bermutu sama sekali

Unknown said...

Postingan ga bermutu sama sekali

Anonymous said...

Iya ketika nabi mencintai atau mengunggulkan sesuatu maka insha Allah pasti ada yang istimewa yang bermanfaat dan tidak bahaya.
Pernah suatu kali nabi berwudhu dengan air yang sudah diminum kucing namun tidak masalah. Nyatanya setelah diteliti tidak ada kuman yang berrbahaya hanya kuman2 biasa sama seperti ditubuh kita.
Dan saya malah ragu apakah paparan diatas benar adanya? Kalau boleh disebutkan nama peneliti atau lembaga yang bersangkutan tersebut.
Karena kita tak bisa percaya begitu saja, dokter terbaikpun pernah salah kan 😊

Anonymous said...

SEMUA silahkan ketik di GOOGLE:

AIR LIUR KUCING

Maka Kamu akan mendapatkan informasi terbaru ilmiah bahwa:

1. Air Liur kucing bersifat disinfektan.
2. Suara dengkuran kucing dapat melepaskan stress manusia.

Terima kasih.

Unknown said...

Subahanalloh

Unknown said...

Ya inti nya yang gak suka kucing berarti bukan umat rasulullah

Unknown said...

Bener bangettt baru mau piara jd takutttt padhaal tdinya ga takut

Unknown said...

Bener bangettt baru mau piara jd takutttt padhaal tdinya ga takut

Anonymous said...

NYESEL GW BUKA INI ARTIKEL NGURANGIN JUMLAH QUOTA GW DOANG. TS kali bego jangan bawa" yg laen dong.. hadeuuhh

Anonymous said...

Perasaan dari kecil sampek dewasa digigit dan dicakar kucing tidak ada masalah apa2

Unknown said...

Kalau menurut saya yah,di sini tidak ada dikambing hitamkan. Begini, tau kan kenapa setelah di jilat anjing kita harus membasuhnya dengan tanah terlebih dahulu? Kalau belum tau silahkan serching penelitian tentang itu. Dan kalau tau, maka saya lanjutkan. Saya membaca beberapa artikel tentang bakteri yv ada di tubuh kucing, termasuk air liurnya.. Di air liur kucing mmg ada sejenis bakteri, tapi gak terlalu membahayakan daripada bakteri yg di kandung oleh anjing. Bakteri yg di miliki pada air liur anjing, menurut penelitian, cuman bisa di bunuh dengan tanah, air dan sabun tdk mampu membunuh bakteri tersebut. Sedangkan bakteri pada air liur kucing, tdak separah itu, pembersihannya jga mudah. Nah, maka dari itu agama kita menganjurkan pembersihan menggunakan tanah jika terkena air liur anjing. Masyaallah sekali...
Jadi intinya, hewan apapu, pasti memiliki bakteri di dalam tubuhnya, krna gak seperti manusia hidupnya. Kucing terkadang menjilati tainya sendiri, nah bisa jadi kuman2 seperti yg di sebutkan itu timbul dari kebiasaan hewan yang jorok itu. Makanya, klu kucing sudah menjilati makanan anda,gak boleh di makan lagi, karna pastinya mengandung kuman.

Unknown said...

Kalau menurut saya yah,di sini tidak ada dikambing hitamkan. Begini, tau kan kenapa setelah di jilat anjing kita harus membasuhnya dengan tanah terlebih dahulu? Kalau belum tau silahkan serching penelitian tentang itu. Dan kalau tau, maka saya lanjutkan. Saya membaca beberapa artikel tentang bakteri yv ada di tubuh kucing, termasuk air liurnya.. Di air liur kucing mmg ada sejenis bakteri, tapi gak terlalu membahayakan daripada bakteri yg di kandung oleh anjing. Bakteri yg di miliki pada air liur anjing, menurut penelitian, cuman bisa di bunuh dengan tanah, air dan sabun tdk mampu membunuh bakteri tersebut. Sedangkan bakteri pada air liur kucing, tdak separah itu, pembersihannya jga mudah. Nah, maka dari itu agama kita menganjurkan pembersihan menggunakan tanah jika terkena air liur anjing. Masyaallah sekali...
Jadi intinya, hewan apapu, pasti memiliki bakteri di dalam tubuhnya, krna gak seperti manusia hidupnya. Kucing terkadang menjilati tainya sendiri, nah bisa jadi kuman2 seperti yg di sebutkan itu timbul dari kebiasaan hewan yang jorok itu. Makanya, klu kucing sudah menjilati makanan anda,gak boleh di makan lagi, karna pastinya mengandung kuman.

Dipta said...

Ganti nama jangan cat lover

Dipta said...

Nek sek melihara resikan yo bakal e ra kotor, ra jijik

Unknown said...

Ouhh makna nya .. air liur kucing tu tak bahaya la .. hahahaha posting nie saja ja nak takot² org

Post a Comment